Cardview and Recyclerview in Android Studio


Hallo sobat blogger, jika beberapa waktu lalu saya selalu memposting tentang liburan kali ini akan sedikit berbeda. Entah dapat aura dari mana mendadak kangen dengan Android si robot hijau yang sekarang lagi menguasai teknologi dunia ini. 

Seminggu ini memang berbeda dengan minggu kemarin yang dimana saya disibukkan dengan jalan - jalan dan rapat, kali ini saya seminggu penuh hanya dirumah saja. Alhasil boring menjadi teman setia selama seminggu ini deh. Bukannya gak mau keluar sih, lebih tepatnya gak ada temen jalan. 

Mungkin pada sibuk project atau kerja semua deh jadi mentok - mentok baru bisa keluar kalau gak sabtu ya minggu deh. Overall it's oke, mengingat selama kuliah saya gak pernah dirumah so not too bad.

#sorry curhat dikit hehe. Terinspirasi dari salah satu aplikasi populer yang sering kita gunakan dan rasa penasaran, akhirnya saya memutuskan untuk membuat aplikasi Cardview dan Recyclerview. Ada yang tahu apa itu ?

Pagi yang belom tahu silahkan klik link berikut Cardview dan Recyclerview hehe. Nah jika sudah faham pasti muncul pertanyaan kedua deh, iya kan sob ? Pertanyaannya adalah bagaimana cara membuatnya ?

Oke deh, sekarang kita akan memulai membuat aplikasi cardview and recyclerview di android studi. Sesuai judul postingan kali ini pastikan sobat sudah menginstall android studio dengan baik dan benar ya hehe. Kalau sudah, silahkan sobat buka android studionya.

1. Buat project baru (namanya bebas. Contoh : CardView), minimum SDK (bebas juga. Contoh : API 15) dan untuk template / activitynya pilih yang "Empty Activity" ya sob.



2. Menambahkan library (Cardview dan Recyclerview) di android studio. Caranya kalian cari Gradle Scripts -> bluid.gradle. Lalu tambahkan source code berikut :

#note : lokasi source code silahkan lihat picture dibawah ini untuk lebih jelas (source code yang diblok saja).


3. Membuat desain tampilannya (layout). Disini kita akan membuat 2 layout, yakni activity_main.xml (bila sudah ada tak perlu membuat lagi) dan item_list.xml.



#note : cara membuat xml (layout) baru. Klik kanan folder layout di android studio -> pilih "new" -> pilih dan klik "layout resource file" -> input nama yang kita inginkan (Contoh : item_list) -> Ok.

4. Nah isi source code dari "activity_main.xml" adalah sebagai berikut :


5. Sedangkan source code untuk "item_list.xml" adalah sebagai berikut :


6. Jika layout sudah beres (tanpa ada error yang berarti hehe). Sekarang kita lanjut untuk megotak - atik source code javanya deh. Dan pasikan package yang kita gunakan ya sob.

7. Sebelum kita mengotak - atik lebih jauh, kita akan membuat class java yang kita butuhkan. Terdapat 3 class yakni, MainActivity , ReyclerAdapter dan ReyclerViewHolder. Cara membuatnya cukup simple (hampir sama dengan membuat layout baru).



#note : Klik kanan dimana anda ingin membuat file class tersebut -> pilih new -> pilih dan klik "Java Class" -> Inputkan nama sesuai yang diinginkan (Contoh : ReyclerAdapter) -> oke deh.

8. Sekarang berikut isi source code dari "MainActivity" :


9. Isi source code dari "RecyclerAdapter" sebagai berikut :

#note : jika terjadi error pada source code berikut "int [] image={R.drawable.logo_gdg,R.drawable.logo_gdg};"
maka ikuti langkah yang ke 10. Jika tidak maka silahkan langsung lanjut ke langkah 11.

10. Error yang terjadi diatas dikarenakan tidak terdapat "picture" dengan nama tersebut di drawable sobat. Ada 2 cara untuk menyelesaikan masalah ini.

a. Pertama, cek drawable sobat dan silahkan ganti sesuai dengan nama picture yang sobat miliki.


b. Kedua, copy - paste (input) picture ke drawable sesuai dengan nama yang sobat inginkan dan sesuaikan dengan nama yang ada di ReclyerAdapter.


#note1 : R.drawable.logo_gdg -> logo_gdg adalah nama picture sobat, drawable adalah nama directory sobat.

#note2 : Saran, picture yang dianjurkan sebaiknya berformat .png atau .svg dengan ukuran (size) yang tak terlalu besar agar aplikasi tak ngelag saat dijalankan.

11. Isi source code dari "RecylerViewHolder" :


12. Langkah yang paling dinanti nih sob hehe. Menjalankan atau mengetes aplikasi yang telah kita buat. Caranya tekan tombol play warna hijau (lihat picture untuk lebih jelas).
13. Pilih device yang sobat inginkan. Bisa menggunakan emulator atau langsung ke smartphone sobat.. (Contoh : Untuk kali ini kita langsung mencobanya ke smartphone ya sob).
#note : Jika sobat ingin menggunakan smartphone pastikan debug developer nya sudah aktif ya sob, atau sudah dalam mode developer.

14. And tralala berikut tampilan aplikasi yang telah kita coba sob :

Gimana nih sob ? Sekarang kita sudah punya aplikasi (karya sendiri) yang dapat dipamerin di media sosial nih hehe. Selain itu bagi para jomblo atau yang sudah taken, namun malam minggu ini gak bisa ngedate, lumayan nih sob bisa buat menambah ilmukan ?

Dari pada bingung mau ngapain ? hehe. Atau yang lagi capek mencari pokemon dan ingin membuat aplikasi sendiri bisa dicoba deh. Tentunya postingan kali ini tidaklah sempurna, karena kesempurnaan itu ada ketika kamu dan aku disatukan dalam suatu ikalah resmi (halal) dan saling mengisi kekurangan satu sama lain, ciyye .... #effect baper malam minggu hehe.

Balik lagi sob, besar harapan penulis bagi para pembaca untuk dapat melengkapi postingan kali ini. Dan bagi yang baru mengenal android atau dunia pemrograman (kayak gue hehe), saya mau mengucapkan selamat datang sob, selamat menikmati, selamat berkarya, inilah dunia kreatifitas tanpa batas. Link download source code diatas

See you next time and good night sobat blogger. 

#happysaturday #saturdaynight and ig : @aditjuniior

Comments

Popular Posts